NAVIGATION

TREDNING POSTS

1 Articles | Flash News | Health | Lifestyle | News flash

Mitos Utama dalam Diet

2 Directories | Trip & Travel

Penyelenggara Travel Ini Ajak Lansia Ber

3 Lifestyle

Gen Z, Konsumen Potensial di Masa Depan

24 Sunday, September 2017

Penyelenggara Travel Ini Ajak Lansia Berwisata dengan Nyaman

Penyelenggara Travel Ini Ajak Lansia Berwisata dengan Nyaman

foto-2-ki-ka-wisnu-prahadianto-tourism-practitioners-stp-bandung-lecturer-sebagai-moderator-astrid-vasile-chair-of-elm-wood-marlin-marpaung-presiden-asli-dr-rahmi-deputy-chair-of-elm

JAKARTA – ELM WOOD dengan Asosiasi Senior Living Indonesia, berkomitmen menyelenggarakan wisata Lansia yang aman dan nyaman. Senior Life Style Experience, penyelenggara travel khusus lansia pertama di Indonesia melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara ELM WOOD dengan Asosiasi Senior Living Indonesia (ASLI) pada Senin, 10 Oktober 2016 lalu, bertepatan dengan event Indonesia Diaspora Business Forum (IDBF) 2016. Penandatangan dilakukan oleh Astrid Vasile, Chair ELM WOOD dan Marlin Marpaung, Presiden ASLI.

Menyambut wisatawan lansia dunia, pada tahun ini ELM WOOD secara resmi menjadi Penyelenggara Tur Khusus Lansia Pertama di Indonesia. Rombongan perdana wisatawan lansia asing yang didatangkan ELM WOOD adalah wisatawan lansia asal Australia.

Perjalanan wisata untuk wisatawan lanjut usia atau sering disebut senior citizen memang berbeda dengan wisatawan umum atau yang masih muda. Semangat dan keinginan menikmati wisata di tempat tujuan wisata yang dekat atau bahkan di luar negeri akan dilakukan, tetapi tentu saja ada perbedaan dari segi destinasi wisatanya dan juga agenda kegiatan per harinya.

Destinasi wisata yang dikunjungi akan lebih mengarah pada interaksi dengan masyarakat sekitar tempat wisata, kegiatan seni dan budaya, serta berbagai kegiatan yang unik. Jarak yang tidak terlalu jauh dari sarana akomodasi serta jadwal yang tidak padat merupakan keharusan bagi wisata untuk lansia.

“Orangtua memang mempunyai kebutuhan khususnya, tentu saja setiap penyelenggara wisata yang mengkhususkan wisatawan lansia harus menyesuaikan dengan kebutuhan khusus mereka, perencanaan jadwal, destinasi wisata yang tidak jauh, dan juga pemeriksaan kesehatan rutin setiap pagi sebelum berangkat dan setiap sore setelah menjalani wisata, merupakan sebuah agenda wajib,” ungkap Dr. Rahmi Alfiah Nur Alam, Sp.Rad(K).

“Kehadiran Caregiver (perawat khusus) dalam setiap perjalanan wisata juga merupakan sebuah keharusan, sehingga siap menemani wisatawan lanjut usia apabila diperlukan,” lanjut dr.Rahmi

“Selain itu, kehadiran caregiver dan tim dokter di setiap senior living merupakan keharusan. Begitu pula kesiapan paramedik apabila terjadi keadaan darurat dan juga lokasi rumah sakit yang tidak terlalu jauh. Dengan demikian, orang tua akan merasa nyaman dan aman dalam melakukan kegiatannya di senior living,” tambah Marlin, Presiden ASLI.

Hal ini juga didukung oleh banyaknya wisatawan lansia yang mempunyai penghasilan stabil, waktu luang, serta keinginan untuk dapat berwisata dengan mudah. Hal ini sebenarnya merupakan prospek besar untuk mendatangkan wisatawan lansia dunia ke Indonesia. Dan yang paling penting adalah wisatawan lansia dapat mengisi waktu-waktu di luar peak season.

Top